Sarana dan Prasarana

Data prasarana(Kecuali ruang dosen) 
No.
Jenis Prasarana
Jumlah Unit
Total Luas (m2)
Kepemilikan
Kondisi
Utilisasi (Jam/minggu)
SD
SW
Terawat
Tidak Terawat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.
Kantor prodi
1
9
-
-
36
2.
Lokal
6
384
-
-
36
3.
Labor Peradilan
1
64
-
-
36
4.
Labor computer
1
110
-
-
36
5.
Labor Ilmu Falak
1
64
-
-
36
6.
Labor PPI
1
36
-
-
36
7.
Perpustakaan
1
1000
-
-
36
8
Ruang Rapat
1
48
-
-
36
9
Ruang sekretariat Kemahasiswaan
1
40
-
-
36
Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama
Data prasarana lain yang menunjang 
No.
Jenis Prasarana Penunjang
Jumlah Unit
Total Luas (m2)
Kepemilikan
Kondisi
Unit Pengelola
SD
SW
Terawat
Tidak Terawat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.
Lapangan bola basket
1
420
-
-
Unit Kegiatan Olahraga
2.
Lapangan tenis
1
160
-
-
Unit Kegiatan Olahraga
3.
Lapangan bola voli
1
162
-
-
Unit Kegiatan Olahraga
4.
Lapangan badminton
1
180
-
-
Unit Kegiatan Olahraga
5.
Lapangan sepak takraw
1
70
-
-
Unit Kegiatan Olahraga
6.
Studio music
1
122
-
-
Unit Kegiatan Kesenian
7.
Radio
1
16
-
-
Radio
8.
Audiotorium
1
364
-
-
Sub Bagian Perlengkapan
9.
Ruang HMJ
1
12
-
-
HMJ
10.
Conference room
1
96
-
-
Sub Bagian Perlengkapan
11.
Poliklinik
1
9
-
-
Ukk KSR
12.
Mushalla
2
180
-
-
Sub Bagian Perlengkapan
Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusansendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama.

Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa secara mandiri di bidang keilmuannya, mahasiswa juga bisa mengakses data koleksi perpustakaan secara on-line, kemudian melakukan transaksi perpustakaan melalui sistem informasi menggunakan http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/pustaka.
       Bagi Mahasiswa yang membawa laptop atau  gadget (tablet, iPad, Smartphone, BB) dapat mengakses jaringan internet wi-fi secara free di seluruh areal kampus termasuk dari taman kampus, gazebo, perpustakaan, dll. 
1.     Hardware
IAIN Batusangkar memiliki 150 unit komputer yang ada pada lima labor komputer, tiap labor mempunyai akses internet sehingga semua labor dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan pembelajaran. Dalam rangka menambah kemudahan dalam kegiatan pembelajaran dan akses data untuk dosen, disediakan juga sebanyak 71 unit komputer yang diletakkan pada setiap ruangan dosen IAIN Batusangkar. Kegiatan pembelajaran juga menggunakan lima unit komputer server yang berfungsi mengelola penggunaan komputer yang terdapat pada labor komputer, satu unit komputer server untuk pengelolaan sistem informasi terpadu (e-Campus), satu unit komputer server  untuk penyimpanan file bahan perkuliahan (repository), dan satu unit komputer server untuk backup storage data.
Koneksi untuk tiap komputer dalam jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar antar gedung menggunakan empat unit access point dan tujuh  unit untuk titik hotspot yang mencakup seluruh area dalam lingkungan IAIN Batusangkar termasuk ruang kuliah yang dapat membantu dosen terkoneksi dengan sistem informasi terpadu (e-Campus) untuk melakukan absensi perkuliahan secara online , sedangkan untuk jaringan dalam gedung dihubungkan melalui kabel jaringan yang didistribusikan melalui 39 unit hub switch. Menghubungkan jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar dengan jaringan luas (internet) digunakan empat buah router yang terkoneksi kepada jaringan fiber optik penyedia layanan jasa internet.
Keseluruhan ruangan kuliah sebanyak 134 ruangan yang terdapat pada IAIN Batusangkar, termasuk ruangan kuliah pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris sudah dilengkapi dengan  projector yang terpasang permanen, sehingga memudahkan proses pembelajaran.
2.     Software dan Aplikasi
Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar meliputi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran pada seluruh Program Studi dan aplikasi yang digunakan khusus pada Program Studi tertentu, sedangkan untuk lisensi yang digunakan terdiri dari lisensi berbayar dan gratis. Aplikasi yang dipakai oleh Program Studi, yaitu:
3.     e-Learning
       Sistem informasi terpadu (e-Campus) IAIN Batusangkar sendiri sudah mengakomodir model pembelajaran e-learning, dimana transaksi belajar mengajar sudah bisa dilakukan secara online seperti bahan perkuliahan, tugas perkuliahan, serta buku untuk bahan ajar yang bisa di-upload dan di-download oleh mahasiswa dan dosen. Untuk dapat menggunakan sistem e-learning pada e-Campus IAIN Batusangkar memang diberi batasan hanya untuk mahasiswa dan dosen yang belajar mengajar pada IAIN Batusangkar, dan dapat diakses pada laman e-campus.iainbatusangkar.ac.id, untuk pihak lainnya disediakan aplikasi e-learning berbasis Content Management System (CMS) Moodle yang dapat diakses pada subdomain  e-learning.iainbatusangkar.ac.id.
4.     e-Library
Untuk mengelola koleksi perpustakaan IAIN Batusangkar menggunakan aplikasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses pada alamat http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/pustaka/main/index yang memberikan akses terhadap seluruh koleksi perpustakaan.
5.     e-Jurnal
      Untuk mengakomodir penerbitan jurnal secara online bagi sivitas akademika IAIN Batusangkar maka digunakan aplikasi jurnal online yang dapat diakses pada laman ojs.iainbatusangkar.ac.id.
6.     Gudang Data (Repository)
IAIN Batusangkar menyediakan gudang data yang berkapasitas satu tera byte untuk menampung kebutuhan penyimpanan file bahan perkuliahan yang bisa dipergunakan untuk upload dan download oleh dosen dan mahasiswa serta pengguna umum lainnya. Gudang data ini
dapat diakses melalui jaringan intranet maupun internet dengan alamat akses rangkiang.iainbatusangkar.ac.id.
Untuk administrasi digunakan program e-campus yang melayani informasi mahasiswa baru, pendaftaran mata kuliah, proses kuliah, penilaian, wisuda, dan hal lain yang berkaitan dengan administrasi perkuliahan.
 Dengan Jumlah mahasiswa IAIN Batusangkar 5.287 orang dan jumlah bandwidth internet sebesar 100 Mbps maka setiap mahasiswa akan mendapatkan kuota bandwidth sebesar 19,37 Kbps per mahasiswa.

0 komentar :